Pengertian Komunikasi Pemasaran - Komunikasi Pemasaran

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Pengertian Komunikasi Pemasaran

Share This






    Pengertian komunikasi pemasaran menurut para ahli memang sangat beragam. Dalam merintis bisnis komunikasi hal hal yang sangat penting, komunikasi menjadi faktor penentu tercapainya tujuan bisnis yang kamu bangun. Tujuan yang sudah kamu tetapkan di awal merintis bisnis akan mudah tercapai bila kamu mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif.

Komunikasi menurut para ahli sebagi berikut :

1. Menurut Purwanto (2006:4), pengertian komunikasi pemasaran yaitu komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal ataupun komunikasi non verbal untuk mencapai tujuan tertentu.

Komunikasi Verbal

   Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang digunakan untuk memberikan informasi bisnis kepada pihak lain dengan menggunakan media tulis ataupun lisan. Jenis komunikasi ini memiliki struktur terartur dan terorganisir dengan baik. Sehingga pesan-pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik.

Contoh penggunaan komunikasi verbal dalam dunia bisnis seperti penyampaian pesan melalui surat, teknologi komunikasi modern,memo, rapat pimpinan, wawancara kerja, briefing kepada karyawan, dan presentasi, dan lain-lain.

Komunikasi Nonverbal

Menurut teori Antropologi, sebelum manusia berkomunikasi dengan kata-kata, mereka telah menggunakan komunikasi non verbal dalam gerakan-gerakan tubuh. Bahasa tubuh digunakan sebagai alat berkomunikasi dengan orang lain.

Beberapa contoh komunikasi non verbal seperti: sifat seseorang yang secara spontan berubah dengan mengerutkan dahi, raut wajah yang berubah, atau mata yang berkedip-kedip secara tidak kamu sengaja. Contoh lainya dari komunikasi non verbal adalah ketika kamu mendapat berita yang gembira, bagaimana reaksi kamu mendengar berita itu? Senang bercampur haru atau mungkin senang dan bahagia.

2.   Menurut Katz (1994:4), Komunikasi pemasaran didefinisikan sebagai adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.

3. Menurut Rosenbaltt (1982:7), pengertian komunikasi pemasaran menurut beliau ini dikemukakan dalam sebuah pernyataan komunikasi bisnis merupakan pertukaran ide, opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang disajikan secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda untuk mencapai tujuan perusahaan.

4.  Menurut Persing (1981:108), Komunikasi pemasaran menurut Persing didefinisikan sebagai proses penyampaian arti dari lambang atau kode-kode yang meliputi keseluruhan unsur yang ada hubungannya dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik itu berbentuk verbal ataupun berbentuk non verbal yang dilakukan di dalam organisasi yang membayar orang secara bersama-sama untuk memproduksi dan memasarkan barang atau jasa untuk memperoleh keuntungan.

5.  Menurut Curtis (1992:6), Komunikasi pemasaran menurut Curtis adalah komunikasi dalam organisasi bisnis yang di tunjukan untuk menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Menurutnya semakin tinggi kedudukan seseorang dalam suatu bisnis, maka dia semakin bergantung pada keahlian orang lain dalam membuat suatu keputusan dan memecahkan masalah untuk suatu keberhasilan.

Jika anda ingin belajar lebih tentang Pengertian Komunikasi Bisnis, silahkan klik link di bawah ini :












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here