Tujuan dari komunikasi pemasaran adalah untuk :
A. Menyebarkan informasi dari suatu produk (komunikasi informatif) misalnya tentang harga, distribusi, dan lain-lain.
B. Mempengaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik konsuman pesaing untuk beralih merk (Komunikasi persuasif).
C. Mengingatkan audien untuk melakukan pembelian ulang (Komunikasi mengingatkan kembali).
1. Respon yang diberikan oleh penerima komunikasi meliputi :
A. Efek kognitif untuk membentuk kesadaran tertentu.
B. Efek afeksi, memberikan pengaruh untuk melakukan sesuatu, yang diharapkan adalah realisasi pembelian.
C. Efek konatif atau perilaku, membentuk audience untuk perilaku selanjutnya. Yang diharapkan adalah pembelian ulang.
A. Efek kognitif untuk membentuk kesadaran tertentu.
B. Efek afeksi, memberikan pengaruh untuk melakukan sesuatu, yang diharapkan adalah realisasi pembelian.
C. Efek konatif atau perilaku, membentuk audience untuk perilaku selanjutnya. Yang diharapkan adalah pembelian ulang.
2. Tujuan Komunikasi dan respon audience berkaitan dengan tahap-tahap dalam proses pembelian. Tahap-tahap dalam proses pembelian :
A. Menyadari (awareness) produk yang ditawarkan.
B. Menyukai (interest) dan berusaha mengetahui lebih lanjut.
C. Mencoba (trial) untuk membandingkan denngan harapannya.
D. Mengambil tindakan (act) membeli atau tidak membeli.
E. Tindak lanjut (follow- up) membeli kembali atau pindah merk.
Jika anda ingin belajar lebih tentang Tujuan Komunikasi Pemasaran, silahkan klik link di bawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar